Photobucket

Add to Google Reader or Homepage

Selamat Datang

Selamat Datang!!!di blog saya. blog ini berisi tentang atrikel,journal,bahan-bahan atau materi kuliah tentang kepariwisataan.silahkan anda melihat-liat dan boleh menanggapi atau kritik dan saran

Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
More About aby Schools (Other): sdn 1 Nagrak sukabumi, sltpn 2 llg smkn 1LLg, UPI BDG Occupation: Student of Indonesia university of education Hobbies and Interests: foot ball, footsall, trip, etc. Favorite Books: Historical book, Biography!!! Favorite Movies: Departed, gang of New York, Man on Fire Favorite Music: Pop, Rock, pokokya yg enak didenger About Me: I'm Student of Indonesia university of education,majoring in Tourism Marketing.I was born i Jakarta,but I love my second hometown cause I was grow-up in there n my family still living in there!!!i'm enjoy man,friendly n honesly.

Peranan Event Terhadap Sektor Pariwisata dan Sektor lainnya

Selasa, 09 Maret 2010




A.Pendahuluaan

Event adalah suatu kegiatan yang dilakukan seperti pameran exebition,convention, yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Kalau kita bicara suatu event,siapa saja yang terlibat dalam penyelenggaraan evet? Pihak-pihak yang terlibat dalam suatu penyelenggaraan event adalah sebagai berikut:
•Exhibitor (orang yang menyelenggarakanpameran/konvensi)
•Organizer (pihak yang mengelola suatu pameran)
•Hall owner pihak yang memiliki venue/tempat terselenggaranya suatu pameran)
•Stand contractor (pihak/anggota yang mengikuti pameran)
•Supplier (pihak penyedia/pendikung dalam terselengaranya suatu event)

Banyak sekali assosiasi atau suatu perkumpulan yang menaungi kegiata suatu event, di Indonesia misalnya ada AKKINDO/INCCA “assosiasi kongres dan konvensi Indonesia (Indonesia Congres and Convention) yang berdiri pada tahun 1998, HIPAKINDO “Himpunan Pelaksana Adilaksana dan konvensi Indonesia /SIPCO (The society of Indonesia Profesional Conventions organizers) berdiri pada tahun 1990,JCEB, Jakarta Convention and exhibition Bareue berdiri pada tahun 1995-2004 bersama JCB dan masih banyak lagi dan pada tingkat dunia ada IACVB International Association of Convention and Visitors Bureau dan IAPCO (international Association professional Congress Organizers).
Suatu event atau konvensi terselenggara dengan baik apabila dilaksanakan secara professional dan tersusun dengan rapi. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengadakan suatu penyelenggaraan suatu event:

•Dimana diselenggarakannya?
•Berapa pesertanya?
•Siapa participant-nya?
•Siapa yang membuka resmi?
•Bagaimana proses regitrasinya?
•Siapa meeting plannernya?
•Berapa dana yang dibutuhkan?
•Dan lain-lain!

Terlihat sesungguhnya sasaran dalam konvensi, pertemuan/persidangan dalam penjabaran diatas mencakup hal-hal sebagai berikut:

•Tidak rugi
•Peserta
•Pembicara
•Acara/kegiatan
•Promosi
•Publikasi
•Pemasaran
•Pelayanan
•Penyelenggaraan
•Perizinan

B.Peranan event terhadap Pengembangan sector Pariwisata dan sector lainnya

a.okonomi

IACVB di Amerika mencatat sebuah event sangat berpengaruh besar dalam kegiatan wisata konvensi, seorang peserta dengan 31/2 hari menghabiskan dana sebesar US $ 638 dan untuk skala internasional mengeluarkan dana US $ 818 untuk 4,1 harisedangkan dalam pameran dagang (trade show) seorang peserta dapat menghabiskan dana sebesar US $1000 perorang.

Survey mencatat :

Tahun 1985-267 kali persidangan 82 juta orang, pengeluaran US $ 56,6 M.
Tahun 1993-534.000 buah Hotel, 1,5 juta karyawan, pengeluaran US $ 73 M. dengan 294.800 buah restorant, dengankegiatan penerbangan 112.000 kali, sehingga wisata konvensi sangat berpengaruh besar terhadap ekonomi dunia.
Memberikan pemasukan pada Daerah
Suatu event akan memberikan pemasukan/pendapatan daerah sebagai contoh daerah otorita Batam sector perhotelan telah menopang tiang perekonomian Batam dalam hal ini memberikan porsi uyang cukup besar dan signifikan revenue atau pendapatan asli daerah. Di Batam ada 3 atau 4 hotel berbintang termasuk resort sebanyak 26 hotel dengan ratarata jumlah kamar 140 kamar jumlah kamar yang tersedia sebanyak 3.744 kamar, occupancy (tingkat hunian) rata-rata perbulannya adalah 60% jumlah kamar yang terisi tiap bulannya 67.392 kamar.
Dengan harga kamar rata-rata Rp. 250.000,- perkamar/malam dengan revenue hotel perbulannya adalah Rp. 16.848.00.- pajak hotel sebesar 10% dari 26 hotel dan resort bintang 3-4 berjumlah Rp. 1.684.800.- atau Rp. 20.217.600.- pertahunnya. Sebuah angka yang tidak kecil dan telah memberikan kontribusi yang nyata bagi pendapatan kota Batam.

Menyerap tenaga kerja
Suatu event terselenggara pasti memerlukan tenaga kerja yang banyak tergantung skala event tersebut kalau event tersebut berskala internasional yang dan waktu penyelanggaraannya cukup lama yang pasti cukup banyak membutuhkan tenaga kerja musiman.

b.Pariwisata

Dengan berkembangnya suatu event disuatu wilayah atau Negara maka akan memajukan kepariwisataan di daerah tersebut sebagai contoh Negara Singapura dimana sector pariwisata khususnya wisata konvensi telah menjadi andalan pendapatan Negara tersebut dan bahkan Singapura telah di kenal oleh dunia karena wisata konvensinya. Setiap Negara tersebut akan menyelanggarakan event event tahunan telah ditunggu-tunggu oleh wisatawan mancanegara seperti event Singapore Big Sales, event yang selalu ditunggu-tunggu oleh para shopaholic di berbagai dunia salah satunya wisatawan dari Indonesia yang banyak berbelanja ke Singapura.

c. budaya
 Mendorong migrasi penduduk
Dengan berkembangnya event-event dewasa ini akan mempengaruhi pola dan gaya hidup manusia sekarang ini. Hal ini memicu terjadinya migrasi penduduk dari suatu daerah ke daerah lain dengan tujuan mengadakan suatu pertemuan dengan pihak lain.
Kesibukan manusia bertambah
Dengan seringnya manusia melakukan perjalanan kesuatu daerah dengan tujuan mengadakan pertemuan bisnis atau hal lainnya dan hal intu membutuhkan waktu,sehingga banyak orang dewasa ini banyak skali orang-orang yang kesibukan karena pekerjaannya tidak hanya di satu tempat saja tetapi di tempat lain juga.
Pola hidup konsemerisme
Dalam setiap eventatau konvensi biasanya para pengunjung tidak datang dari satu daerah saja, tetapi dari luar daerah bahkan dari mancanegara juga. Mereka datang dengan tujuan untuk menghadiri suatu event tertentu. Selama mereka mengunjungi event tersebut maka pengunjung tersebut atau visitors banyak mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan mereka salah satunya ialah berbelanja/shopping.
Perkenalan budaya
Pada suatu event-event tertentu khususnya event-event yang bertemakan budaya,dimana orang orang dapat melihat beragam budaya dari suatu dareah yang unuk dan khas yang belum ia lihat sebelumnya.

d.Politik
Event sangat berpengaruh sekali terhadap politik dimanapenyelenggaraan event akan terselenggara dengan baik apabila factor poltik di daerah atau wilayah tersebut juga mendukung terslenggaranya event tersebut. Suatu event tidak akan berhasil atau sukses jika daerah tersebut terjadi gejolak poltik yang hebat,atau terjadi konflik, dengan iklim politik yang baik maka akan mendukung terselenggaranya event yang baik pula.

Labels:

0 komentar: